Sebelumnya saya pernah membahas Tips download video dari youtube, tetapi mungkin sebagian masih belum jelas. Meskipun saat ini sudah banyak software, situs, aplikasi download video, plugins dan lainnya, tetapi kadang teknik di software sering gagal. Oleh karena itu sampai saat ini saya lebih sering download secara “manual”, karena jarang sekali gagal.
Untuk mempermudah, berikut video tutorial download video dari youtube secara manual.

Sebelumnya, ada 2 hal yang diperlukan agar cara “manual” ini berhasil.
  1. Kita harus bisa mengakses komputer di drive C: atau C:\Documents and Settings\ (dengan asumsi windows di install di driev C:). Jika dari warnet yang drive C: -nya di proteksi, maka kemungkinan tidak bisa.
  2. Install program untuk meng-copy file yang terkunci. Disini saya menggunakan Unlocker karena kecil dan sangat mudah digunakan. Download Unlocker (216 KB)
Ketika kita melihat video secara online (di youtube misalnya), maka sebenarnya file video ini tersimpan di komputer kita. Sehingga ketika kita sudah menjalankan video sampai selesai, video sudah tersimpan di komputer. Tetapi file video ini senantiasa di proteksi oleh web browser (dengan plugins-nya Flash Player), sehingga tidak bisa di copy, pindah, hapus atau di rename. Selain itu, ketika web browser kita tutup, file video yang sebenarnya sudah tersimpan otomatis dihapus.
Memanfaatkan teknik seperti itu, pada intinya kita tinggal mencari dimana file video ini tersimpan. Kemudian jika sudah ketemu, file ini kita copy menggunakan program Unlocker (atau program sejenis lainnya), karena menggunakan fitur copy-paste biasa tidak akan berhasil.
Selengkapnya berikut tutorial video-nya:

Video diatas menjelaskan mulai menginstall Unlocker, kemudian membuka dan menjalankan contoh video di youtube, kemudian mencari lokasi penyimpanan video sementara ( yang ada di C:\Documents and Settings\{nama-user}\Local Settings\Temp ), terakhir meng-copy file tmp dengan memberi ekstensi FLV jika sudah selesai.
Jika anda mempunyai masukan, saran atau alternatif lain yang lebih mudah, silahkan berbagi melalui komentar artikel ini. Semoga bermanfaat (ebsoft)